Self Management atau manajemen diri perlu kita pahami untuk meningkatkan kemampuan diri. Namun sebelum itu kita harus pahami terlebih dahulu konsep dari self management itu.
1. Tekun
Hal penting yang harus kita lakukan adalah bersungguh sungguh dalam melaksanakan suatu rencana. Untuk itu lakukanlah dengan serius fokus dengan tujuanmu, jangan tetalihan oleh sesuatu yang lain, sehingga kamu bisa menjadi goof person melalui preses self management
2. Konsisten
Laksanakanlah rencana dengan konsisten. Banyak tantangan yang akan kita lalui terutama dalam melaksanakan sesuatu yang berkelanjutan dengan jadwal tertentu oleh karenanya konsisten manjadi sangat penting agar rencana yang sudah di buat tidak sia-sia dan tujuan pun dapat kita capai
3. Fokus
Saat kita melaksanakan sesuatu dengan fokus pastinya tingkat kesalahan akan lebih sedikit yang pada akhirnya pelaksanaan rencana akan lebih ter arah.
4. Sabar
Sabar menjadi kunci kesuksesan. Kita harus pahami bahwa apapun yang kita lakukan tidak akan lepas dari berbagai kendala dan masalah dan sabar menjadi kunci sukses untuk menghadapi masalah tersebut.
C. Evaluasi
Evaluasi berfungsi mengoreksi pelaksanaan rencana yang sudah dibuat agar kita dapat mencapai tujuan yang kita inginkan. Evaluasi penting untuk mencari dan menemukan solusi dari masalah yang menjadi penghambat tercapainya tujuan.
Itulah beberapa kiat-kiat yang bisa kita lakukan dalam melakukan self management atau manajemen diri.
Selanjutnya ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita mampu melakukan self management :
1. Good decision maker
Mengambil keputusan adalah hal yang sangat suli, banyak orang yang salah mengambil keputusan karena terpengaruh oleh perasaan mereka sehingga tidak bisa mengambil keputusan secara rasional.
Saat kamu mampu mengelola dirimu, pikiranmu, emosi dan tindakanmu maka kamu akan mampu mengambil keputusan yang tepat, baik itu untuk dirimu maupun orang lain.
2. Problem solving
Problem solving adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan tepat. Dalam menyelesaikan masalah kita harus bisa berpikir logis dan sistematis.
Seorang problem solver adalah dia yang mampu menganalisa masalah secara objektif, tidak memikirkan siapa yang salah namun apa sumber atau konteks masalah tanpa melibatkan perasaan. Hal itu bisa kita lakukan apabila kita mampu memanajemen pikiran hingga tindakan kita melalui self management.
Sekian pembahasan tentang self management semoga bermanfaat bagi kita yang ingin menjadi lebih baik kedepannya.
Manage your self !!
0 Komentar